Senin, 04 Oktober 2010

Pramuka Jepang Punya Semangat Samurai

JAKARTA, KOMPAS.com — Studi banding panitia kerja RUU Kepramukaan Komisi X DPR ke Jepang, Korea Selatan, dan Afrika Selatan menambah pengetahuan anggota Dewan mengenai gerakan kepanduan di sana. Menurut seorang anggota panitia kerja atau panja, Hanif Dhakiri, lembaga pramuka di Jepang digunakan sebagai media untuk menanamkan nilai-nilai tradisional, seperti nilai semangat para samurai Jepang.

Di Jepang mengembangkan semangat samurai, menggunakan pramuka sebagai media menanamkan nilai-nilai itu.
-- Hanif Dhakiri

"Di Jepang, mengembangkan semangat samurai menggunakan pramuka sebagai media menanamkan nilai-nilai itu," katanya dalam sebuah diskusi di DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (28/9/2010).
Belajar dari Jepang, Indonesia berniat menanamkan nilai Pancasila dalam lembaga kepramukaan. Oleh karena itulah, peraturan kepramukaan dinilai perlu dibuat dalam sebuah undang-undang.
"Nilai khusus pramuka adalah Pancasila, harus diatur dalam undang-undang agar bisa diterapkan," ujar Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Azrul Azwar dalam kesempatan yang sama.
Selain itu, dari berkunjung ke Jepang dan Korea Selatan, Hanif menilai bahwa semangat kemandirian harus dijadikan prioritas utama dalam menggerakkan kepramukaan, baik mandiri dalam kepribadian, maupun mandiri dalam pembiayaan.
"Saya tidak setuju kalau pramuka mendidik dengan kemandirian, tapi institusinya enggak mandiri," katanya.
Biaya untuk gerakan pramuka jika menurut RUU Kepramukaan tidak akan dialokasikan dari APBN. Dana hanya berupa dana-dana program.
Sementara itu, Ketua Panja RUU Pramuka Hamka Naja menambahkan, gerakan pramuka perlu dikembangkan melalui komunitas-komunitas selain melalui sekolah, seperti halnya di Afrika Selatan.
"Pramuka tidak hanya didorong di sekolah-sekolah, tapi di komunitas. Di Afsel, yang eksis yang di komunitas," katanya.
Menyusul hal tersebut, melalui RUU Kepramukaan, Hamka mengatakan bahwa penampilan organisasi pramuka akan diubah agar tidak terkesan terlalu formal. "Direvitalisasi juga penampilannya. Mereka di Afsel pakai topi, t-shirt," imbuh Hamka.


Sumber: http://edukasi.kompas.com/read/2010/09/28/1834364/Pramuka.Jepang.Punya.Semangat.Samurai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar