Perpustakaan merupakan hal yang sering teraibaikan oleh
sekolah. Banyak sekolah beranggapan bahwa perpustakaan sekolah bukan dari
bagian proses pembelajaran. Sehingga perpustakaan di sekolah hanya di jadika
sebgai gudang tempat menyimpan barang-banrang ynag tidak terpakai. Ini menunjukkan
bahwa kurangnya pengetahuan dan wawasan kepala sekolah dalam memanfaatkan
perpustkaan sekolah.
Banyak hal yang dapat dilakukan dengan perpustakaan sekolah
bila dikelola dengan baik. Diantaranya dapat menumbuhkan minat baca siswa,
guru-guru dan personil sekolah lainnya. Bila perpustakaan sekolah dikelola
dengan benar, perpustakaan sekolah juga dapat turut mendukung mutu sekolah.
Mutu sekolah yang berkualitas dapat di amati dari
berfungsinya perpustakaan sekolah. Bagaimana siswa dan guru dapat bekerja sama
untuk memanfaatkan perpustakaan sebgai sumber belajar. Sumber belajar ini tidak
hanya diperoleh di dalam kelas tapi perpustakaan juga dapat dijadikan sebgai
sumber belajar pertama dalam proses
pemebelajaran.
Para ilmuwan dapat mengembangkan pengethuannya secara luas di sebabkan karena tingginya
minat baca yang dimiliki. Sehingga apa-apa yang ingin di cari di peroleh dari
perpustakaan sebgai sumber belajar.
Banyak para ilmuawan yang kecepatan membacanya sangat tinggi
serta minat bacanya juga sangat spektakuler, misalnya seperti B.J. Habibie,
Ir.Soekarno. Tokoh-tokoh lainnya masih banyak lagi yang dapat kit abaca dalam perpustakaan sebagai sumber
pengetahuan.
Sekolah hendaknya dapat memanfaatkan perpustakaan sebabagai
sumber belajar. Perpustakaan dapat dikelola dengan optimal sehingga akan
berdampak pada minat dan mutu pendidikan sekolah.
Semoga bermanfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar