Senin, 18 Februari 2013

Perpustakaan sekolah mendukung mutu sekolah



Perpustakaan merupakan hal yang sering teraibaikan oleh sekolah. Banyak sekolah beranggapan bahwa perpustakaan sekolah bukan dari bagian proses pembelajaran. Sehingga perpustakaan di sekolah hanya di jadika sebgai gudang tempat menyimpan barang-banrang ynag tidak terpakai. Ini menunjukkan bahwa kurangnya pengetahuan dan wawasan kepala sekolah dalam memanfaatkan perpustkaan sekolah.
Banyak hal yang dapat dilakukan dengan perpustakaan sekolah bila dikelola dengan baik. Diantaranya dapat menumbuhkan minat baca siswa, guru-guru dan personil sekolah lainnya. Bila perpustakaan sekolah dikelola dengan benar, perpustakaan sekolah juga dapat turut mendukung mutu sekolah.
Mutu sekolah yang berkualitas dapat di amati dari berfungsinya perpustakaan sekolah. Bagaimana siswa dan guru dapat bekerja sama untuk memanfaatkan perpustakaan sebgai sumber belajar. Sumber belajar ini tidak hanya diperoleh di dalam kelas tapi perpustakaan juga dapat dijadikan sebgai sumber belajar pertama  dalam proses pemebelajaran.
Para ilmuwan dapat mengembangkan pengethuannya  secara luas di sebabkan karena tingginya minat baca yang dimiliki. Sehingga apa-apa yang ingin di cari di peroleh dari perpustakaan sebgai sumber belajar.
Banyak para ilmuawan yang kecepatan membacanya sangat tinggi serta minat bacanya juga sangat spektakuler, misalnya seperti B.J. Habibie, Ir.Soekarno. Tokoh-tokoh lainnya masih banyak lagi yang dapat  kit abaca dalam perpustakaan sebagai sumber pengetahuan.
Sekolah hendaknya dapat memanfaatkan perpustakaan sebabagai sumber belajar. Perpustakaan dapat dikelola dengan optimal sehingga akan berdampak pada minat dan mutu pendidikan sekolah.
Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar