Rabu, 10 Maret 2010

Kepala Sekolah Pemilik PAK Palsu Dimutasi


Sebanyak 85 kepala TK hingga SMK di Kulon Progo dimutasi sejak awal pekan ini. Mayoritas mereka merupakan pemilik penetapan angka kredit palsu atau tidak terdaftar di Kementerian Pendidikan Nasional. Meskipun begitu, Badan Kepegawaian Daerah Kulon Progo menolak mutasi sebagai sanksi kepegawaian. Kepala Dinas Pendidikan Kulon Progo Sri Mulatsih Damar Rahayu membenarkan mutasi besar-besaran itu. Keputusan mutasi sudah ditandatangani Bupati Kulon Progo Toyo Santoso Dipo sejak Kamis pekan lalu, tetapi baru diserahkan kepada para kepala sekolah pada Senin (8/3).

"Mutasi dikenakan bagi dua kepala SMK, empat kepala SMP, dua kepala TK, dan 50 kepala SD. Ini merupakan rutinitas kepegawaian yang bertujuan sebagai penyegaran kerja," ujar Sri, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu kemarin. Mengenai banyaknya nama kepala sekolah yang dimutasi dan pernah tersangkut kasus kepemilikan penetapan angka kredit (PAK) palsu, Sri menyatakan, itu sebagai kebetulan saja. Menurut Sri, mutasi lebih didasarkan pada kebutuhan sekolah dan masa kerja dari masing-masing kepala sekolah yang dirasa sudah cukup lama, rata-rata sudah mencapai lebih dari empat tahun.

Pernyataan itu dibenarkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kulon Progo Djulistyo. Menurut dia, mutasi hanyalah salah satu prosedur rutin yang dilakukan secara berkala sebagai bentuk penyegaran pegawai agar tidak jenuh. Djulistyo menegaskan, mutasi bukan sanksi kepegawaian yang diberikan kepada 226 guru dan kepala sekolah pemilik PAK palsu. Sanksi itu, lanjut Djulistyo, sudah diberikan sejak pengusutan kasus PAK palsu oleh inspektorat daerah selesai dilakukan, pada akhir 2009.

Sebanyak 170 guru dan kepala sekolah diberi sanksi disiplin berupa pernyataan tidak puas dari Kepala Dinas Pendidikan Kulon Progo. Lalu 50 guru dan kepala sekolah lain hanya diberi teguran tertulis dari Kepala Dinas Pendidikan Kulon Progo. Adapun enam guru dan kepala sekolah sisanya mendapat sanksi berat dari Bupati Kulon Progo berupa penundaan kenaikan pangkat jabatan. (YOP)

WATES, KOMPAS - Kamis, 11 Maret 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar