Kamis, 12 Agustus 2010

Kualitas Sekolah

Negeri Tak Lebih Baik dari Swasta....
Kamis, 12 Agustus 2010 | 15:43 WIB
MEDAN, KOMPAS.com - Keberadaan sekolah negeri tidak selalu lebih baik dari sekolah swasta. Bahkan, tidak sedikit justru ada sekolah swasta yang kualitasnya jauh lebih unggul dari sekolah-sekolah negeri.
Pengamat Pendidikan Universitas Sumatera Utara Zulnaidi menilai, di Medan misalnya, Sekolah Sutomo, Metodis dan Syaffiatul Amaliyah, kualitas siswanya jauh mengungguli sekolah negeri. Bukti lain bahwa indikasi sekolah swasta lebih unggul dari negeri dapat dilihat dari pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang digelar di Medan baru-baru ini. Dari 69 siswa utusan Sumut yang berlaga di event nasional itu, 50 siswa berasal dari sekolah swasta, sedangkan 19 orang selebihnya dari sekolah negeri.
“ini membuktikan kan bahwa siswa-siswa dari sekolah negeri di daerah ini ternyata belum siap mengikuti ajang bergengsi OSN dibandingkan siswa sekolah swasta yang persiapannya jauh lebih matang," katanya.
Lebih banyaknya utusan Sumut dari sekolah swasta, menurut dia, perlu juga dicermati mengingat selama ini sekolah negeri terkesan lebih dianakemaskan oleh pemerintah terutama dalam hal berbagai bantuan. "Sekolah negeri lebih dimanjakan dari segi bantuan dari pemerintah, tapi justru siswa sekolah swasta yang lebih banyak berprestasi. Ini perlu menjadi perhatian bagi kita semua," katanya.
Kemampuan sekolah swasta yang lebih unggul di ajang OSN sebenarnya juga diakui Kepala Dinas Pendidikan Sumut Bahrumsyah. Dia mengharapkan sumbangan medali dari sekolah swasta seperti Sutomo dan Methodist.
"Saya menaruh tumpuan pada pelajar SMA Sutomo, Methodis II dan Methodis III dapat mendapatkan medali emas, karena kita ketahui pelajar dari perguruan tersebut setiap tahunnya selalu memperoleh hasil yang baik," katanya.

Sumbber: http://edukasi.kompas.com/read/2010/08/12/15433099/Negeri.Tak.Lebih.Baik.dari.Swasta....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar