Sabtu, 13 November 2010

Kepsek penentu kemajuan pendidikan

MEDAN - Kepala sekolah (Kepsek) di Sumatera Utara, dinilai sangat berperan besar terhadap kemajuan dunia pendidikan, sebab dibawah kepemimpinannya yang bijaksana akan tercapai insan-insan yang intelektual.

"Untuk itu, kepala sekolah harus mampu menerapkan sistem pembelajaran yang berbasis karakater, berbasis sains, berbasis lingkungan serta berbasis Informasi dan Teknologi (IT) di lingkungan sekolah yang dipimpinnya," kata Kepala Dinas Pendidikan, Hasan Basri, tadi malam.

Ia mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan sosok kepala sekolah agar dapat membangun sekolah menjadi lebih baik. Dengan demikian sekolah dapat melahirkan insan yang berbudi pekerti, berdaya saing dan mampu memberikan pengabdian di tengah masyarakat melalui profesi yang dipilihnya.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk mempersiapkan sosok kepala sekolah dimasa mendatang adalah dengan menggelar diklat calon kepala sekolah. Dengan diklat tersebut, calon kepala sekolah diharapkan dapat menata sekolah menjadi lingkungan belajar yang nyaman, kondusif, sehat dan segar.

Diklat tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap dalam melaksanakan tugas calon kepala sekolah secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika PNS sesuai dengan kebutuhan instansi.

Selain itu, bertujuan untuk meningkatkan calon kepala sekolah yang mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

"Kita juga berupaya Diklat ini untuk memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan pendidikan, pengayoman dan pemberdayaan masyarakat," katanya.

Menurut dia, karena persoalan pendidikan sangat kompleks, maka perlu dipersiapkan calon-calon kepala sekolah untuk menggantikan kepala sekolah yang telah selesai masa pengabdiannya, maupun untuk menggantikan kepala sekolah yang dianggap tidak cakap dan tidak mampu menjalankan tugasnya untuk memajukan kualitas pendidikan.

Apalagi, lanjut dia, dewasa ini salah satu fokus pembangunan kota Medan kedepannya adalah pembenahan persoalan pendidikan.

Karena memang pendidikan merupakan masalah yang sangat kompleks dan untuk memecahkannya harus dilakukan dengan semangat kebersamaan melalui sinergisitas yang tinggi.

"Untuk itu, program pembenahan pendidikan akan dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan mulai dari pembenahan prasarana dan sarana, peningkatan disiplin dan kualitas serta dedikasi para pelaku pendidikan dan peningkatan disiplin sekolah," katanya

Sumber: http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=156316:kepsek-penentu-kemajuan-pendidikan&catid=15:sumut&Itemid=28

Tidak ada komentar:

Posting Komentar